Top Pick

5 Film Waas yang Bisa Menemanimu Saat #dirumahaja.

Sejak diberlakukannya physical distancing dan imbauan #diruamahaja untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Indonesia. Kampus UPI mengeluarkan surat edaran tentang kebijakan akademik dan nonakademik terkait dengan antisipasi penyebaran virus corona. Sejak saat itu, perkuliahan yang biasa dilakukan secara tatap muka, kini berganti menjadi daring dan tugas-tugas pun lahir menyayat hati kita semua. Rasa […]

Continue Reading...

Top Pick

MEMANJAKAN DIRI SELAMA PANDEMI

Agaknya, masa karantina diri sudah kita lakukan selama satu bulan. Iya gak, sih?  Pasti dong, banyak hal yang udah kalian lakukan selama #dirumahaja. Mulai dari maraton film, masak-masak makanan hits yang lagi ramai di media sosial, olahraga, bikin video tiktok, dan masih banyak kegiatan lainnya. Namun, kegiatan yang terus dilakukan selama berulang kali seperti itu […]

Continue Reading...

Top Pick

AKU, DAN KAMU #DIRUMAHAJA JANGAN DULU KE MANA-MANA!

Sejak merebaknya pandemi virus Covid-19, tanah air tercinta kita, Indonesia, juga merasakan dampaknya.  Upaya yang dilakukan oleh pemerintah, salah satunya yaitu Social Distancing. Tulisan ini aku tulis untuk aku dan kamu, untuk kita yang kiranya masih, atau harus #dirumahaja. Jika tidak ada kepentingan yang mengharuskan kita keluar rumah, dan berinteraksi dengan banyak orang, sebaiknya kita […]

Continue Reading...

Top Pick

7 Kegiatan Menarik yang Bisa Kamu Lakukan Selama Masa Karantina Mandiri di Rumah

Bosan berdiam diri di rumah? Jenuh dengan kegiatan yang itu-itu saja? Atau mungkin terbesit pikiran untuk pergi keluar rumah? Eits, tahan dulu! Setelah ini kita akan membahas berbagai kegiatan menarik yang akan membuat masa karantinamu menjadi seru dan menyenangkan. Wah, apa aja tuh? Berikut adalah penjelasannya. Menonton Film Salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa kamu […]

Continue Reading...

Top Pick

Top Pick: 7 Lagu Indie Sastra-Sastraan

Jika Sapardi Djoko Damono mempunyai kisah Hujan Bulan Juni, Tere Liye membuat banyak quotes tentang hujan, sebuah lagu pun bisa jadi serangkaian nada yang didengar kala hujan. Tagar #dirumahaja pastinya sudah menjadi kata yang membosankan. Namun, bukan berarti kalian bosan mendengarkan musik. Iya, kan? Kalian yang bingung karena tak ada aktivitas yang dilakukan, yuk putar […]

Continue Reading...

Top Pick

Top Pick: 7 Situs Keren (Selain literat.my.id) yang Wajib Dikunjungi Madepdiksatrasia

Berada dalam masa isolasi memang menyebalkan. Aktivitas hanya sebatas rebahan, mengerjakan tugas, masak, melanjutkan tugas, mandi, dan menyelesaikan tugas hehe. Agar pikiran kalian tidak terpatok pada entitas bernama tugas, saya akan mengajak pikiran kalian untuk berpetualang sejauh mungkin. Meskipun raga sedang diisolasi, tentu lebih mudah jika kita berpetualang menggunakan kendaraan. Kendaraan yang saya maksud di […]

Continue Reading...

Top Pick

Top Pick: 6 Lagu sebagai Poetic Performance Art

Decky Ibrahim Medani “I chose to believe every word I was fed.” Hotel Books – Nothing Was the Same Salam. Kutipan di atas diambil dari lirik lagu yang sering saya dengarkan ketika mencari kekuatan untuk menepis semua kekacauan semesta. Tentu tidak mencari lagu sedih untuk membuat hati bikin sedih, saya rasa sebaliknya: berpejam dan mendengar […]

Continue Reading...

Top Pick

TOP PICK: 2 ANTOLOGI CERPEN (PERKARA CINTA TAK MELULU TENTANG MESRA)

1. CINTA SEMANIS RACUN: 99 Cerita dari 9 Penjuru Dunia, (DIVA Press, 2016) Kurnia, Anton DIVA PRESS, 2016 632 hlm., 155 x 24 cm ISBN 978-602-391-182-0 Sebagai pengantar dari penerjemah: Anton Kurnia mengantarkan pembaca menyelami dunia penerjemahan sebagaimana dijelaskan oleh Andre Gilde bahwa sastrawan setidaknya memikul tanggung jawab untuk menerjemahkan satu karya asing selama hidupnya. […]

Continue Reading...

Top Pick

Top Pick: 5 Film Asia Hasil Adaptasi dari Karya Sastra

Anda mungkin menemukan masalah terhadap judul di atas. Mengapa memakai judul dengan ‘adaptasi’ sebagai pandangan umum? Jika dilihat dari beberapa penelitan, ada penjelasan perubahan bentuk sebagai ‘ekranisasi’ dan ‘ahli wahana’. Ekranisasi secara singkat merupakan perubahan bentuk dari sebuah karya menjadi film. Ekranisasi secara etimologis diambil dari bahasa Prancis écran yang berarti ‘layar’ dan ditambah dengan […]

Continue Reading...