Kabar Literat

ADVOKASI MASAL CALON MAHASISWA BARU DI GEDUNG BAAK

Agustus 25, 2021

Senin (23/08/2021), orang tua/wali dan calon mahasiswa baru Seleksi Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mendatangi Gedung Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) pukul 09.00 WIB. Mereka didampingi oleh advokat masing-masing jurusan untuk meminta kejelasan pembayaran Uang Pangkal.

Pada pukul 11.00  WIB, salah satu perwakilan staff BAAK, Yedi Rudiawan, S.Sos., menghadap ke seluruh orang tua/wali dan calon mahasiswa baru untuk memberikan penjelasan bahwa segala jenis informasi hanya ada di laman web pmb.upi.edu dan hiraukan seluruh informasi yang tersebar di Whatsapp. Situasi sempat memanas antara orang tua/wali dengan staff BAAK, karena mereka masih belum mendapat kepastian perihal kebijakan Uang Pangkal dan hanya mendapatkan informasi yang sebelumnya sudah tertera di laman web. Hingga pukul 13.00 WIB orang tua/wali dan calon mahasiswa baru masih berada di Gedung BAAK untuk menunggu kepastian perihal kebijakan keringanan biaya pendidikan.

BEM Rema UPI mengusulkan untuk melakukan audiensi tertutup dengan pihak BAAK. Usulan tersebut disepakati dan hanya dihadiri oleh dua orang tua/wali, BEM Rema UPI Bidang Advokat Kemahasiswaan, Presma BEM Rema UPI, Agus Sutiawan, SE., Kepala Seksi Registrasi dan Statistik Direktorat Akademik, Yedi Rudiawan, S.Sos., Kepala Divisi Layanan Pendidikan, dan Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru Dr. rer.nat. Ahmad Muzakir, M.Si.

Pada pukul 13.12 WIB, Dr. rer.nat Ahmad Muzakir, M.Si selaku Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru menjelaskan bahwa pimpinan sedang rapat untuk merumuskan kebijakan biaya pendidikan yang memberatkan bagi calon mahasiswa baru. Beliau juga menerangkan kembali segala informasi yang baru sudah tertera di laman web pmb.upi.edu.

Situasi audiensi berjalan dialektis antara pihak kampus dan orangtua mahasiswa baru sampai pihak kampus meninggalkan audiensi untuk rapat. Pada pukul 13.40 WIB, setelah audiensi selesai, Dr. rer.nat. Ahmad Muzakir, M.Si bersedia menemui para orang tua/wali yang setia -menunggu di ruang registrasi mahasiswa Gedung BAAK. Beliau menjelaskan permasalahan dan keresahan orang tua/wali calon mahasiswa baru terkait pembayaran Uang Pangkal. Setelah beliau menjelaskan hal tersebut, para orang tua/wali menjadi lebih tenang dan menunggu hasil rapat pimpinan. Massa pun berangsur pulang.

Sekitar pukul 16.00 WIB, UPI mengumunkan hasil rapat mengenai kebijakan keringanan biaya pendidikan untuk mahasiswa baru Seleksi Mandiri. Dalam pengumuman tersebut berisikan beberapa poin, sebagai berikut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *