Kabar Literat

MOKAKU UPI 2021: Pendidikan Di Era Society 5.0

Agustus 26, 2021

Kamis (26/08/2021), Mokaku UPI 2021 mengusung tema pendidikan di era society 5.0 dan dilaksanakan secara blended. Sebab, masih khawatir terhadap penyebaran COVID-19. MOKAKU UPI dilaksanakan melalui media zoom dan live streaming di kanal youtube TV UPI. Dalam pelaksanaanya, mahasiswa dibagi menjadi beberapa grup meeting zoom dan para pembina dari masing-masing grup memberi berbagai panduan pada mahasiswa baru. MOKAKU UPI 2021 akan berlangsung sampai tanggal 28 Agustus.

Tidak kalah meriah dengan Mokaku UPI 2020 yang sama dilaksanakan secara blended, MOKAKU UPI 2021 dibuka dengan diiringi musik orkestra. Kegiatan tersebut memperlihatkan kehidmatan ruang yang dihadiri Rektor, petinggi-petinggi UPI, BEM REMA, beberapa perwakilan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan MOKAKU UPI serta dihadiri secara daring oleh Nadiem Makarim selaku Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Meski kegiatan pembuka berlangsung secara blended, para pelaksana mematuhi protokol yang dianjurkan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus COVID-19, seperti menjaga jarak dan menggunakan masker selama acara.

Dalam kegiatan MOKAKU kali ini mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia 2021 memiliki nama angkatan Vidya Adinata yang memiliki arti Pendidikan adalah pembelajaran yang terus-menerus dan terus diturunkan ke generasi berikutnya.

Sebagai perkenalan kampus yang tidak dapat dikunjungi mahasiswa baru secara langsung, dalam sebuah sesi kegiatan MOKAKU UPI menampilkan film pendek yang menyorot wilayah-wilayah kampus UPI dengan pembiasaan society 5.0, film pendek tentang MOKAKU UPI 2021 tak luput pula MOKAKU UPI menyuguhkan berbagai materi Kuliah Umum oleh Prof. Dr. H. Karim Suryadi, M.Si. dengan tema “Etika dan Komunikasi Pengunaan Media Sosial dalam Memperkuat 4 Pilar Kebangsaan”. Lalu, ada pematerian bertema “Merdeka Belajar Kampus Belajar dan Pendidikan di Era Society 5.0” bersama Prof. Dr. Tri Indri Hardini, M. Pd. Kegiatan itu untuk bekal para mahasiswa baru selama berkegiatan di kampus UPI.

Kegiatan yang berlangsung selama lima jam secara blended ini ditutup dengan video Behind The Scene MOKAKU UPI 2021 hari pertama dan penampilan musik dari himamusik. Kegiatan hari pertama MOKAKU UPI 2021  masih memiliki beberapa kendala. Kendala yang dimaksud, seperti audio, dan video yang mendadak tidak ada. Meskipun begitu, keseruan dan sensasi baru di MOKAKU UPI yang dirasakan tidak kalah dengan tahun-tahun lalu. Dengan kondisi seperti ini diharapkan para pelaksana MOKAKU UPI dapat memperbaikinya agar kegiatan bisa berlangsung tanpa ada kendala lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *