Top Pick

5 Hal yang Jadi Nomor 1 di Indonesia

Januari 14, 2021

Tahun sudah beranjak ke 2021. Berbagai resolusi dan harapan pun kita ucapkan. Kita mengawali tahun dengan banyak ‘semoga’. Semoga sehat selalu. Semoga berbahagia. Semoga setiap yang disemogakan terkabul. Setelah mengucap Amin, mungkin kamu bisa kenang hal-hal ini.

Virus Corona

Virus Corona menjadi topik paling dicari selama 2020, menurut Google’s Year in Search. Rasanya tidak aneh menyebut 2020 sebagai tahun Corona. Karenanya, Indonesia melakukan berbagai upaya untuk bangkit. Masyarakat pun berusaha bertahan hidup di tengah pemutusan hubungan kerja, belajar online, dan berbagai masalah lainnya.

Masih ingat kapan pertama kali ia muncul? Sekitar setahun yang lalu. World Health Organization (WHO) mengumumkan adanya wabah pneumonia. Lusinan orang di Wuhan, Tiongkok dikabarkan mengalami infeksi pada paru-paru.

Awal Januari 2020, barulah kita mengenal Corona. Nama awalnya ialah 2019-nCoV dan kemudian disebut Covid-19. Virus tersebut baru masuk ke Indonesia pada 2 Maret 2020. Per hari ini, total tujuh ratus ribu lebih kasus terjadi di Indonesia.

Kartu Prakerja

Ekonomi masyarakat selama pandemi Corona naik-turun. Belum lagi kontroversi beberapa produk hukum pemerintah yang didemo. Sungguh, teganya teganya.

Peluang dan atau keterpaksaan PHK memberikan sumbangan bagi kenaikan angka pengangguran. Alhasil, banyak yang beralih membuka usaha kecil-kecilan sampai kecil menengah. Tetapi, mereka butuh skill dan pengetahuan untuk memulainya.

Akhirnya, pemerintah membuka pendaftaran program Kartu Prakerja pada 11 April 2020. Berita tentang Kartu Prakerja diburu masyarakat. Bahkan, jadi berita trending selama 2020 menurut Google’s Year in Search. Berdasarkan hasil survei, Prakerja diklaim memberikan masyarakat cara baru untuk berkerja sebagai wiraswasta.

Sepeda gunung

Kalau ekonomi terkendala, gimana ya minat pembelian sepeda?

Hmm. Sepertinya tidak ada masalah, justru pembelian sepeda meningkat. Sempat booming. Masyarakat berupaya menjaga kesehatan dengan berolahraga. Salah satu olahraga yang dipilih adalah bersepeda.

Tren sepeda naik. Buktinya, para penjual sepeda mendapatkan pesanan berkali-kali lipat. Di antara pesanan-pesanan itu, sepeda gunung nomor 1. Lebih dari lima puluh persen orang membeli sepeda gunung, menurut survei JAKPAT di laman FOPSindo. Namun, kenaikan pembelian sepeda juga diikuti maraknya kasus begal sepeda. Sangat disayangkan.

Omong-omong, sepeda gunung dan Corona cocok ya. Sama-sama berat. Sepeda gunung diperuntukkan bagi medan berat. Kalau Corona, bikin aktivitas sehari-hari berat karena harus menerapkan prokes.

Kurang dan kesadaran

Imbas dari Corona, kita dituntut menerapkan protokol kesehatan (prokes). Iya, yang sekarang disebut Pesan Ibu alias 3M. Menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan.

Ternyata, kata ‘kurang’ dan ‘kesadaran’ paling sering digunakan untuk tidak menerapkan prokes. Hasil itu muncul dari survei Badan Pusat Statistik Indonesia. Kata data, prokes cenderung diabaikan karena tidak adanya sanksi.

Waduh! Jadi nggak aneh sih ya kalau si ‘kurang’ dan ‘kesadaran’ populer. Toh pelanggaran terjadi di mana-mana. Padahal prokes itu kan buat menjaga dirinya sendiri. Lho iki ada yangmenyalahkansanksi.

Temennya Odading

Seperti nggak ada habisnya ya cerita pandemi. Sambil mengenang, ada cemilan? Nih, aku kenalkan cemilan terpopuler di 2020.

Odading? Bukan.

Ikuti resepnya ya. Kalau masak air jadi pantun. Makanya, masak aja campuran telur, gula, sedikit garam, tepung terigu dan air hangat. Oh, jangan lupa campurkan ragi. Uleni adonan lalu bentuk bulat-bulat. Boleh bolong di tengah, boleh enggak.

Kalau kamu bikin itu, kamu berhasil ikuti resep tren nomor satu versi Google’s Year in Search. Betul, bukan odading. Donat. Masih temenan kok.

Kalau tanya odading, dia tren juga. Hanya saja ada di posisi ketiga. Kayaknya sih orang-orang lebih suka beli odading Mang Oleh daripada buat sendiri. Kan  supaya jadi iron men gitu. Kaau makan donat, ya bisa kali jadi Bima X.

Baca juga: TIPE-TIPE MAHASISWA KETIKA UAS

References

Antara. (2020, Agustus 27). Survei: Mayoritas peserta Kartu Prakerja dapat cara baru berwirausaha. Retrieved from Antara Sumsel: https://sumsel.antaranews.com

BPS Indonesia. (2020, Oktober 1). Hasil Survei Perilaku Masyarakat Indonesia di Masa Pandemi COVID-19. Retrieved from COVID-19: https://covid19.go.id

Fadli, d. R. (2020, Maret 31). Timeline Virus Corona, Dari Desember 2019 Hingga Kini. Retrieved from halodoc: https://www.halodoc.com

FOPSINDO. (2020, September 26). Sepeda Gunung Jadi Favorit dan Paling Dicari Selama Pandemi Covid-19. Retrieved from FOPSINDO: Forum Pengusaha Sepeda Indonesia: https://fipsindo.id

Google. (2020, Desember 31). Trending in 2020 – Indoenesia. Retrieved from Year in Search: https://trends.google.com

Kompas.com. (2020, April 11). Mulai hari ini, berikut 7 tahapan mendapat Kartu Prakerja dan manfaatnya. Retrieved from Line Today: https://today.line.me

statcounter GlobalStats. (2020, December 1). statcounter GlobalStats. Retrieved from Social Media Stats Indonesia: https://gs.statcounter.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *