Top Pick

7 Kunci Awal Yang Perlu Dipersiapkan Menjadi Mahasiswa Baru

Agustus 21, 2020

Sebelum saya membahas lebih lanjut pada inti persoalan, saya ingin mengucapkan selamat datang kepada Mahasiswa Baru Angkatan 2020 yang lolos seleksi melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN di Universitas Pendidikan Indonesia. Semoga diterimanya kalian di Universitas Pendidikan Indonesia menjadi tempat dan pilihan terbaik dalam mewujudkan cita-cita dan impian. 

Mari kita menetralisasi pikiran. Jujur, saya bosan bila selalu membicarakan kata daring; online; selama masa pandemi ini. Maka, kali ini kita bahas hal-hal baik untuk mahasiswa baru yang akan menyambut perkuliahan di awal semester. Hal-hal ini dapat mengembangkan pikiran yang tentunya positif bagi kalian. Berikut ini 7 kunci awal yang harus dipersiapkan mahasiswa baru.

Persiapkan Diri

Mempersiapkan diri tentunya adalah hal pertama yang perlu kita lakukan selama menjadi mahasiswa baru. Persiapan diri itu akan merubah bentuk kedewasaan kita, seperti status siswa yang berganti menjadi mahasiswa. Lalu, mengubah mental dari “anak sekolahan” menjadi “anak kuliahan”. Setelah itu, menjadi mahasiswa pun akan berbeda seperti saat menjadi siswa SMA di sekolah. Dalam hal itu, status mahasiswa tersebut akan mendisiplinkan kita menjadi lebih aktif dan berjiwa independen dalam hal apapun.   

Pelajari tentang Kampus

Mempelajari tentang kampus tentunya akan sangat berguna bagi kita sendiri. Saat kita sudah mengetahui seluk-beluk kampus, nantinya akan memudahkan kita dalam beradaptasi dengan keadaan di dalam kampus. Misalnya, memudahkan kita dalam memperoleh informasi secara mandiri pada tahun pertama kuliah.

Pelajari Mata Kuliah

Mempelajari mata kuliah adalah salah satu ambisi yang perlu kalian penuhi sebelum mengawali perkuliahan. Hal ini bisa kita lakukan dengan cara berteman dengan kakak tingkat untuk menanyakan seputar mata kuliah. Bila ingin lebih leluasa, bisa juga membeli buku sesuai mata kuliah yang diperlukan. Buku tersebut akan sangat berguna sebagai bahan bacaan selama beberapa semester ke depan. Atau bila ingin lebih praktis, bisa juga menggunakan kecanggihan Google dengan mencari kata kunci mata kuliah dan membaca sekilas sebagai pengetahuan dasar. 

Beradaptasi dengan Pergaulan

Beradaptasi merupakan bentuk penyesuaian diri kita dengan lingkungan. Namun, kita juga perlu perhatikan pergaulan yang akan kita pilih nanti. Carilah lingkup pertemanan yang sehat agar waktu yang digunakan pun tidak terbuang sia-sia. Jadi, bersenang-senanglah sesuai porsinya.

Mengenal Kegiatan Non-Akademik

Mengenal kegiatan non-akademik tentunya akan sangat bermanfaat bagi kita, apalagi mengisi waktu kosong dengan berbagai kegiatan. Hal bermanfaat yang bisa kita dapatkan seperti menambah relasi pertemanan dari berbagai jurusan, menambah pengalaman dalam berorganisasi, dapat memanajemen waktu antara kuliah dengan organisasi, bahkan sampai kegiatan non-akademik yang dapat membawa sebuah prestasi. Pokoknya, kuliah tanpa organisasi serasa kurang afdal. Jangan menjadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah-pulang, kuliah-pulang.

Pelajari tentang Jurusan

Untuk yang satu ini, kalian mesti gaul terhadap jurusan sendiri atau kalau perlu update tentang seluk-beluk yang ada di jurusan, termasuk hima (himpunan mahasiswa) dan para dosen. Himpunan mahasiswa sendiri memiliki peran sebagai organisasi mahasiswa di tingkat jurusan yang merupakan kegiatan ekstrakurikuler. Fungsi dari adanya himpunan adalah sebagai media bagi anggotanya untuk mengembangkan pola pikir, potensi, dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmunya agar siap terjun ke dalam masyarakat.

Penasaran dengan Ilmunya

Sastra? Apa itu Sastra? Kunci terakhir ini akan menjawab hal yang buat kalian gregetan nantinya. Yakin deh, 5w+1h yang ada dalam pikiran kalian akan terjawab bila sudah mengetahui apa itu sastra, termasuk ilmu dan teori di dalamnya. Jadi, bagi kalian yang merasa salah masuk jurusan atau menghadapi perkataan “ngapain masuk sastra?”, “Kok ambil jurusan bahasa Indonesia?”, dan bla bla bla lainnya. Heii.. jurusan sastra Indonesia itu memiliki banyak peluang, karena #bahasaadalahkita.

Baca juga: Hal-Hal Asik untuk Dilakukan Menjelang Hari Kemerdekaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *