Top Pick

Alasan-Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Organisasi saat Menjadi Mahasiswa

Agustus 28, 2020

Covid-19 memang semakin hari semakin memakan banyak korban, mau itu korban dalam kesehatan mental maupun fisik. Akan tetapi, jangan sampai hal itu memadamkan semangat kalian-kalian sebagai mahasiswa untuk berkegiatan dalam kampus, terutama bagi mahasiswa baru. Nah, berkegiatan dalam kampus ini tidak jauh dengan yang namanya organisasi. Buat kamu para mahasiswa baru pasti sering dilanda keraguan untuk lebih memilih akademik atau organisasi, bukan? Sebagai mahasiswa, berkuliah memang tanggung jawab utama kita. Akan tetapi, ada baiknya sambil mengikuti kuliah kamu juga ikut andil dalam organisasi di kampusmu, mau itu bergiat di hima, BEM, ataupun ukm. Terkadang waktu berkuliah nggak akan selalu full dalam seminggu dan dalam sehari. Sayang, dong kalau kalian menyia-nyiakan waktu luang menjadi nolep. Hmmmm enggak produktif banget!  Nah, kali ini literat akan membagikan empat alasan kenapa kamu harus aktif organisasi di kampus.

Memperluas Relasi

Aktif organisasi akan membuat kita bertemu banyak orang yang bahkan bukan berasal dari jurusan atau fakultas kita sendiri. Dengan begitu kamu juga akan berkesempatan menambah relasimu dengan latar belakang yang tidak terbatas. Dengan relasi pun akan memudahkan kita untuk mendapatkan informasi lebih cepat dan relasi juga akan mendukungmu saat kesulitan keluar dari universitas.

Meningkatkan Softskills

Jika kalian mengikuti organisasi, kalian akan mendapatkan kemampuan sosial, kemampuan komunikasi dan kecerdasan emosi seseorang. Pernah mendengar tentang time management, critical thinking, atau problem solving? Nah, ketiga hal tersebut merupakan contoh dari beberapa softskills yang bisa kamu dapatkan dari sebuah organisasi. Softskills  ini juga akan jadi modal kamu untuk memasuki dunia kerja nantinya.

Mengembangkan Bakat

Tentunya hal ini sudah sangat pasti karena di dalam organisasi bakatmu akan sangat digunakan dan akan ikut berkembang seiring waktu.

Mempertajam Kepekaan terhadap Lingkungan Sekitar

Anak-anak organisasi, apalagi seorang aktivis kampus, akan sering turun ke lapangan, dituntut untuk peduli dengan isu dan lingkungan sekitar. Dalam mengembangkan diri kita juga nggak boleh lalai dan abai terhadap lingkungan sekitar.

Untuk mengimbangi kesibukan dengan program kerja atau event, kamu juga bisa ikut  dalam kegiatan sosial yang nggak perlu jauh-jauh. Bisa dimulai dari lingkungan warga di sekitar kampusmu.

Baca juga: Istilah-Istilah Perkuliahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *