Top Pick

TIPE-TIPE MAHASISWA KETIKA UAS

Desember 18, 2020

Ok, sudah saatnya kita kelabakan lagi dengan UAS. Apalagi semester ganjil ini banyak banget hari-hari spesial yang harusnya kita isi dengan teman dan keluarga malah terjebak di hadapan laptop. Udah berapa kali nih, tahun baru-an bersama tugas atau malam natal ketinggalan event-event rame gara-gara kejar deadline? Sepertinya sudah jadi kenangan bersama, ya.

Di saat pandemi ini, kita bisa mempersempit tipe-tipe mahasiswa saat UAS karena semuanya serba daring. Kalau tidak ujian online, pasti tugas akhir berupa makalah dan serba-serbinya. Oh, iya, kalian juga bakal tau nih, sifat-sifat teman kalian pada waktu-waktu UAS melanda. Kira-kira kamu sendiri termasuk yang mana, ya?

1. Si Sedikit-sedikit jadi Bukit

Dia adalah orang yang tiap hari ada di depan laptop dan menambahkan isi tugasnya sedikit-sedikit. Bisa jadi, tiap hari yang dipikirkannya hanyalah tugas. Perangkat yang digunakan pun dijamin selalu dalam keadaan standby di singgasananya. Wajib diapresiasi nih. Secara, dia bisa dibilang orang yang teliti, ketika ia menambahkan isi tugasnya, ia pun merevisi kembali apa yang telah dikerjakan.

2. Si Einsteins

Untuk ujian online, dia ini terkenal jenius, pasti yang paling cepat selesai. Diam-diam dia menyelesaikannya tanpa orang lain tahu keberadaannya. Jika tatap maya, dia ini yang paling awal buka pintu keluar, bukan untuk ke toilet tapi untuk meninggalkan teman-temannya yang resah dengan pikiran, wah dia kok udah selesai? Jika dalam keadaan daring, dia ini fokus untuk menjawab soal sedangkan yang lain sibuk searching sana-sini dan aktif di forum chat kelas. Dia ini tipe yang sangat menghargai kerja keras dan batas kewajaran kerja sama.

3. Si SKS

Sistem Kebut Semalam (SKS), sudah gak asing sih dengan julukan ini. Dia yang pikirannya aktif ketika besok, tugas harus dikumpulkan. Hal itu sudah jadi tradisi untuk para Deadliners, kalau bukan kepepet tugas, mereka merasa otaknya tidak jalan. Dia juga bukan berarti tidak memikirkan tugas yang harus dikerjakan tapi ia terlalu larut dengan pikirannya sehingga malas untuk mengerjakannya cepat-cepat. Untuk deadliners ini, hati-hati ya idenya hilang karena tidak segera diikat.

4. Si Novelis

Apapun soalnya, asalkan bukan pilihan ganda jangan kaget liat jawabannya yang panjang dan menghabiskan banyak halaman. Ini adalah alternatif beberapa mahasiswa yang kebingungan dengan apa yang seharusnya ditulis. Bisa juga karena dia gemar menulis, ia mampu mengembangkan kalimatnya menjadi beberapa paragraf. Kadang juga mereka beranggapan “ngarang aja, gak tau benar atau engga yang penting diisi”. Jika bisa, meskipun panjang dan memenuhi beberapa halaman, usahakan untuk fokus pada pertanyaan dan konteksnya agar tidak membingungkan dosen. Ini juga demi kebaikan kita, ya!

5. Si Sporadis

Ini nih yang kadang bikin orang lain iri. Kadang suka ada aja yang bilang, “wah, bisa ya santai tapi percaya diri, engga takut apa ini itu”. Tipe ini sama saja dengan mahasiswa lainnya, tidak terlalu awal dan akhir juga untuk keluar ruangan. Ia optimis mengisi seluruh pertanyaan, meskipun tidak mengetahui isi jawabannya benar atau salah tetapi tetap percaya diri. Berbeda dengan si Einsteins yang sudah dapat dipastikan ia yakin jawabannya benar. Hal ini pun terjadi untuk UAS dengan tugas berupa makalah dan sejenisnya. Meskipun waktu sempit ataupun panjang tak masalah asalkan tugas tuntas dan aman.

“Dengan semangat berani mati, yang penting selamat kalo diremidial perbaiki.”, salah satu motto hidupnya. Toh, masa depan tidak hanya ditentukan oleh nilai ujian, masih banyak jalan menuju China. Jika buntu putar balik!

Baca juga: Cocok Untuk Kamu Yang Memiliki Impian Menjadi Penulis; Cerita dengan Latar Belakang Penulis dari Drakor, Dorama, dan Serial Netflix! (Part 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *