Top Pick

Tips Mengikuti KKN Online

Agustus 5, 2021

Kuliah Kerja Nyata, siapa sih mahasiswa yang tidak menanti-nantikan kegiatan ini? Pasti setiap mahasiwa menantikan kegiatan tersebut. Bagi yang belum memahami, KKN merupakan suatu kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa kepada masyarakat dengan melakukan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral di daerah tertentu. Program KKN ini hukumnya wajib bagi setiap mahasiswa karena termasuk ke dalam salah satu unsur dalam tri darma perguruan tinggi yang ketiga, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Sejak pandemi melanda Indonesia, segala kegiatan terpaksa harus dilakukan secara daring termasuk segala kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. Program KKN termasuk ke dalam salah satu kegiatan yang mengalami penyesuaian semenjak pandemi melanda. Mahasiswa termasuk pihak yang memiliki peran penting dalam mencegah dan menanggulangi dampak covid. Di UPI, kegiatan KKN tahun ini sedang berjalan. Bagi peserta gelombang 1 mungkin saat ini sedang menyusun laporan akhir. Sedangkan, peserta gelombang 2 baru akan memulai.

Nah, sebenarnya bagaimana sih tips supaya kita mampu mengikuti dan menyelesaikan program KKN dengan baik? Berikut ada beberapa tips yang perlu dilakukan oleh mahasiswa dalam melaksanakan program KKN.

  1. Ikuti pembekalan

Tips yang pertama adalah ikuti pembekalan. Sebelum turun ke lapangan, mahasiswa akan diberikan pembekalan. Pihak universitas akan memberikan pembekalan kepada mahasiswanya. Pembekalan tersebut merupakan materi apa saja yang akan dilakukan meliputi strategi implementasi KKN, langkah-langkah yang akan dilakukan saat KKN, tujuan dilakukan KKN, dan lain-lain. Kegiatan pembekalan ini perlu disimak dengan baik karena jika kita tidak menyimak pembekalan tersebut kita akan kebingungan ketika turun ke lapangan.

  • Kenali lingkungan

Tips yang kedua adalah kenali lingkungan yang akan dijadikan tempat KKN. Mengenali lingkungan juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Pengenalan lingungan ini juga bertujuan untuk pembuatan program kerja yang akan dilakukan. Program kerja atau yang biasa disingkat proker ini juga hal yang penting dalam keberlangsungan KKN para mahasiswa. Mengenali lingkungan terlebih dahulu dilakukan agar kebutuhan desa sesuai dengan program yang akan dilakukan oleh mahasiswa. Jangan sampai program kerja yang dilakukan tidak sesuai dengan kebutuhan desa.

  • Komunikasi dengan DPL

Setiap mahasiswa yang akan mengikuti KKN pasti memiliki dosen pembimbing lapangan (DPL). DPL ini akan membimbing mahasiswa yang sudah dikelompokan oleh pihak kampus. Komunikasi dengan DPL sangat perlu dalam setiap kegiatan yang akan dilakukan mahasiswa. Tidak hanya itu, setiap kendala juga perlu dikonsultasikan kepada DPL  agar mahasiswa tidak salah dalam mengambil tindakan sehingga dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Bagi waktu

Tips yang keempat adalah bagi waktu. KKN yang begitu padat agar mencapai waktu yang ditargetkan oleh pihak universitas membuat mahasiswa sedikit kewalahan dalam melakukan setiap kegiatannya, sehingga lupa untuk mengerjakan laporan akhir. Jadi, mahasiswa perlu membagi waktu kapan harus melaksanakan proker dan kapan harus membuat laporan agar tidak keteteran di akhir waktu KKN.

  • Jangan panik!

Dan yang terakhir adalah jangan panik! Ketika KKN berlangsung akan banyak sekali berita atau broadcast yang sumbernya tidak jelas, sehingga membuat mahasiswa ragu dan mudah memercayai berita atau broadcast tersebut. Hal yang perlu dilakukan adalah jangan panik. Jika banyak berita yang tersebar langkah yang perlu dilakukan oleh mahasiswa selain menanyakan kebenaran berita tersebut kepada pengirim, konsultasikan juga kepada DPL.

Baca juga : Tepuk Semangat Virtual dalam Kegiatan Penutupan MPLS SDN 097 Cirateun Kulon Kota Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *