Kabar Literat

Pelatihan Pengajaran Metodologi BIPA sebagai Bentuk Kerja Sama UPI dan UNILA

November 9, 2020

Rabu (7/10) dan Kamis (8/10), Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menyelenggarakan pelatihan pengajaran metodologi BIPA sebagai bentuk kerja sama antara UPI dengan Universitas Lampung (UNILA). Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa mahasiswa pascasarjana UNILA dan dosen-dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNILA. Kegiatan berlangsung lancar meskipun diadakan secara daring.

Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prof. Dr. Dadang S. Anshori, M.Si., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa program tersebut terselenggara sebagai tindak lanjut kerja sama antara UPI dengan UNILA. Beliau berharap kegiatan tersebut dapat menjadi potensi awal untuk kolaborasi antara UPI dan UNILA yang dapat ditindak lanjuti dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.

Adapun narasumber dalam acara tersebut adalah Ida Widia, M.Pd., Dra. Lilis Sulistyaningsih, M.Pd., Dr. Khaeruddin Kurniawan, M.Pd., Dra. Nunung Sitaresmi, M.Pd., dan Dr. Halimah M.Pd., yang merupakan dosen di Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Dalam pelatihan tersebut, para narasumber memaparkan materi-materi mengenai kebipaan yang dapat menjadi pengetahuan dan bekal awal bagi para peserta untuk mengenal dunia BIPA. Pada hari Rabu (7/10), Ida Widia, M.Pd., sebagai narasumber pertama memaparkan mengenai ihwal kebipaan, Dra. Lilis Sulistyaningsih, M.Pd., memaparkan mengenai strategi belajar mengajar BIPA dan Dr. Khaeruddin Kurniawan, M.Pd., memaparkan mengenai perangkat pembelajaran dan evaluasi BIPA.

Keesokan harinya, Kamis (8/10), Dra. Nunung Sitaresmi, M.Pd., memaparkan mengenai kebahasaan dalam pengajaran BIPA dan Dr. Halimah M.Pd., memaparka mengenai kesastraan dan kebudayaan dalam pengajaran BIPA. Selain pemaparan materi, dalam acara tersebut juga diadakan sesi tanya jawab dan simulasi mengajar BIPA sehingga para peserta sudah mampu membuat RPP atau lesson plan untuk mengajar BIPA.

Setelah kegiatan ini, diharapkan akan ada kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi dunia pendidikan.

Baca juga: Cerdas Mengadvokasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *