Kabar Literat

PEMBUKAAN MOKAKU UPI 2020 DILAKUKAN SECARA ONLINE

September 1, 2020

(Selasa, 01/09) Mokaku UPI 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang dilaksanakan secara tatap muka. Justru, tahun ini MOKAKU UPI dilaksanakan secara online. Sebab, masih khawatir terhadap penyebaran COVID-19. MOKAKU UPI dilaksanakan melalui media zoom dan live streaming di kanal youtube TV UPI. Dalam pelaksanaanya, mahasiswa dibagi menjadi beberapa grup meeting zoom dan para pembina dari masing-masing grup memberi berbagai panduan pada mahasiswa baru. MOKAKU UPI 2020 akan berlangsung sampai tanggal 3 September 2020.

Meskipun kegiatan Mokaku UPI 2020  dilaksanakan secara online, namun acara tidak kalah meriah. Pada saat awal pembukaan diiringi musik gamelan dan orkestra. Kegiatan tersebut memperlihatkan kehidmatan ruang yang dihadiri Rektor, petinggi-petinggi UPI, BEM REMA dan beberapa perwakilan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan MOKAKU UPI. Meski kegiatan pembukaan berlangsung secara online dan offline, para pelaksana mematuhi protokol yang dianjurkan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus COVID-19, seperti menjaga jarak dan menggunakan masker selama acara.

Sebagai perkenalan kampus yang tidak dapat dikunjungi mahasiswa baru secara langsung, dalam sebuah sesi kegiatan MOKAKU UPI menampilkan film pendek yang menyorot wilayah-wilayah kampus UPI, tak luput pula MOKAKU UPI menyuguhkan berbagai materi Kuliah Umum dari Putri Tanjung dengan tema “Membangun Generasi Muda Cinta Tanah Air yang Optimis, Kreatif, Produktif, dan Inovatif”. Lalu, ada talkshow bertema “Menciptakan Iklim Prestatif Melalui Budaya Kaum Intelek dan Penulisan Gagasan” bersama Prof. Dr. Tri Indri Hardini, M. Pd., dan Mahasiswa Pimnas (FPMIPA dan FPBS) dan Mapres (FPTK) 2019. Kegiatan itu untuk bekal para mahasiswa baru selama berkegiatan di kampus UPI.

Kegiatan yang berlangsung selama lebih dari empat jam secara online ini masih memiliki beberapa kendala. Kendala yang dimaksud, seperti audio, dan video yang mendadak tidak ada, dan jaringan internet yang tidak stabil saat acara berlangsung. Meskipun begitu, keseruan dan sensasi baru di MOKAKU UPI yang dirasakan tidak kalah dengan tahun-tahun lalu. Dengan kondisi seperti ini diharapkan para pelaksana MOKAKU UPI dapat memperbaikinya agar kegiatan bisa berlangsung tanpa ada kendala lagi.

Sumber foto: TIM DOKUMENTASI MOKAKU 2020

Baca juga: PERILISAN SK REKTOR TERKAIT PENANGGUHAN DAN BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *