Kabar Literat

WISUDA UPI DI TENGAH PANDEMI

Juni 26, 2020

Rabu (24/06/2020), Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan Upacara Wisuda Gelombang II 2020 di tengah pandemi Covid-19 ini secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara ini resmi dibuka oleh Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd, M.A yang merupakan rektor baru masa bakti 2020-2025. Dalam sambutannya, ia menyebutkan ada sekitar 1.128 orang yang diwisuda pada Upacara Wisuda Gelombang II 2020 ini, diantaranya 5 orang jenjang D3, 830 orang jenjang S1, 229 orang jenjang S2, dan 64 orang jenjang S3.

Upacara wisuda kali ini tidak diadakan di Gd. Gymnasium UPI, melainkan di Gd. Ahmad Sanusi. Jumlah peserta upacara wisuda yang tidak banyak mungkin menjadi salah satu faktor mengapa acara dilakukan di gedung ini. Selain dihadiri para pejabat UPI beserta jajarannya, upacara wisuda kali ini juga dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dan keluarga dari setiap fakultas. Para tamu undangan yang hadir dalam acara ini pun menggunakan APD yang sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Suasana wisuda kali ini sangat berbeda dari wisuda-wisuda sebelumnya. Bagaimana tidak, biasanya wisuda diadakan di Gd. Gymnasium UPI secara tatap muka bersama kawan-kawan seperjuangan, kali ini wisuda dilakukan secara daring di rumah masing-masing. Walaupun bisa bertatapan di layar kaca sambil menonton live streaming acara wisuda di kanal Youtube TV UPI Official, tetapi tentu jelas berbeda dengan suasana haru yang dirasakan ketika bertatapan langsung dalam satu gedung.

“Sebenarnya mau dibilang sedih engga, seneng juga engga. Biasa aja, karena engga bisa kumpul bareng teman dan keluarga. Jadi, ada momen yang harusnya ada malah ga dapet,” ungkap Zagitha, salah satu perwakilan wisudawan Madepdik Satrasia. “Tetapi yang istimewa adalah berarti cuma angkatan gelombang 2 yang merasakan wisuda online, semoga kedepannya engga ada,” lanjutnya diakhir wawancara. Mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sendiri yang mengikuti wisuda gelombang II ini ada 9 orang, di mana salah satunya merupakan mahasiswa asing.

Ditandai dengan pemindahan tali topi wisuda ke sebelah kanan,  maka dari itu wisudawan telah resmi lulus dari Universitas Pendidikan Indonesia. Selamat wisuda, akang-teteh! Semoga ilmu yang didapat berguna dan bermanfaat bagi sekitar. “Semoga capaian ini menjadi tonggak keberhasilan berikutnya dalam berkarier dan berkarya,” ucap Ketua Senat Akademik UPI di akhir pidatonya.

Penulis: Desrina Nuraffifah

Baca juga: Kegiatan Relawan IKA SMPN 2 Baleendah yang Progresif di Tengah Pandemi Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *