Resensi

Resensi Buku “Notes Kreatif” Karya Ayu Utami

November 17, 2019

Identitas Buku         

Judul            : Notes Kreatif

Penulis         : Ayu Utami

Tahun Terbit : 2013

Penerbit       : Kepustakaan Populer Gramedia

Notes Kreatif karya Ayu Utami berisi catatan-catatan kecil proses kreatif penulisnya, catatan tersebut mengandung inti buah pikirannya terhadap kegiatan tulis menulis. Buku setebal 58 halaman terbitan Kepustakaan Populer Gramedia tahun 2013 ini secara garis besar memuat: teori kepenulisan, contoh penerapan teori berupa eksperimen, dan renungan estetika. Bagian teori kepenulisan menyajikan kata kunci yang penting diketahui bagi seorang penulis, misalnya soal hukum kreativitas, pentingnya suspens, konsistensi sebuah karakter, dan perbedaan-perbedaan akan istilah yang namanya mirip. Bagian kedua, sang penulis menyajikan dua tulisan pendek, hal tersebut menunjukkan perbedaan antara fakta dan fiksi (berita dan cerita). Bagian penutup mengungkap pentingnya kejujuran dalam tulisan, karena hal tersebut salah satu pendukung estetika dalam tulisan.

Buku ini penting dibaca khususnya bagi penulis, penyuka sastra, dan pembaca pada usia remaja hingga dewasa. Penting bagi penulis karena bisa digunakan sebagai referensi tulisannya. Bagi penyuka sastra, bisa melihat komponen-komponen dalam tulisan yang sebenarnya memiliki arti lebih jika diteliti. Bagi pembaca pun bisa menambah wawasan dan lebih mengerti akan sebuah tulisan. Namun, buku ini tidak diperuntukkan bagi usia sebelum remaja karena terdapat ilustrasi dan bahasa yang belum bisa dimengerti oleh anak-anak.

Keunikan sekaligus kemenarikan dari buku ini adalah tidak terasa kaku, karena beberapa halaman disertai ilustrasi yang mendukung gagasan penulisnya. Ada juga beberapa ketikan yang dicoret lalu dikoreksi, hal ini bertujuan untuk menunjukkan kata baku yang sesuai, karena kebanyakan orang salah menggunakan beberapa kata tersebut.

Di balik kelebihan-kelebihan yang disajikan buku ini, tentunya ada kekurangan. Buku ini sebenarnya lebih dari 58 halaman, tetapi isi teori atau gagasan dari penulisnya hanya sebatas 58 halaman. Sisa halamannya terdiri atas halaman-halaman kosong. Hal ini bertujuan agar pembaca juga bisa menuliskan teori atau catatannya sendiri. Ide itu menarik tetapi menjadi kekurangan, karena ilmu dari penulisnya terkesan lebih sedikit.

Saran untuk penulis, bisa lebih meningkatkan gagasan-gagasan lainnya dan memperjelas setiap inti teori. Teori atau gagasan dalam buku ini hanya sekilas dijelaskan, sehingga ada peluang bagi penulis untuk menambah atau mengumpulkan gagasan lain. Setiap inti teori pun bisa dijelaskan kembali, karena kebanyakan hanya sebatas kata kunci dan penjelasan singkat. Ilustrasi sudah baik untuk mendukung penjelasan teorinya, tetapi terlalu kebanyakan pun kadang terasa monoton. Penambahan keterangan untuk kata yang disunting pun bisa ditambahkan, karena baru ada tanda coret saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *