Kabar Literat

MOKAKU Hari Kedua: dari Bela Negara hingga Unit Kegiatan Mahasiswa

September 3, 2020

Rabu (02/09/2020), telah berlangsung hari kedua MOKAKU UPI 2020. Acara yang diikuti oleh ribuan mahasiswa baru ini berlangsung di platform Zoom dan kanal Youtube TV UPI DIGITAL. Mahasiswa baru mengikuti rangkaian acara hari kedua ini dengan santai dan antusias.

Acara diawali dengan pemanduan di masing-masing room kelompok pada platform Zoom juga Google Meet. Lalu, mahasiswa dikondisikan untuk mengganti platform dan mengikuti rangkaian acara selanjutnya, yaitu pembukaan. Acara pembukaan diawali dengan video persembahan dari panitia dan pertunjukan dari Mahasiswa Seni Musik FPSD UPI.

Kemudian dilanjut dengan talkshow dengan tema “Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan” oleh Guru besar Ilmu Politik, Prof. Dr. Cecep Darmawan, dan di moderatori oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FPIPS UPI, Dr. Siti Nurbayani, M.Si. Menurut Cecep “Bela negara bukan sekedar tentara, senjata, dan perang. Bela negara menyangkut seuruh aspek kehidupan kita, Anda jadi mahasiswa yang baik, disiplin, cerdas, dan berintegritas adalah bagian dari bela negara”.

Lalu, ada penyerahan secara simbolis Lumbung Kebaikan Pangan dari pihak kampus dan ACT (Aksi Cepat Tanggap) kepada perwakilan mahasiswa baru. Penyerahan ini merupakan sebuah penghargaan pada mahasiswa baru yang telah melaksanakan gerakan bernama Social Project untuk membantu satu sama lain melalui sedekah pangan. Gerakan ini merupakan kerja sama antara ACT dan UPI.

Rangkaian acara berikutnya adalah pemutaran video  bertema “Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Ekonomi yang Berkelanjutan Melalui UKM Kreatif” yang disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Beliau mengajak mahasiswa untuk ikut berperan membangun ekonomi Indonesia yang berkelanjutan dan sumber daya manusia yang unggul dengan cara inovatif dalam mengelola usaha, khususnya pada platform digital.

Selanjutnya, diperkenalkannya Gerakan 10,000 Beasiswa untuk seluruh mahasiswa UPI  yang kesulitan dalam finansial untuk biaya pendidikan. Gerakan ini merupakan itikad BEM Rema dengan melakukan penggalangan dana dari khalayak umum oleh dan untuk mahasiswa UPI. Gerakan ini berawal dari banyaknya pengaduan mahasiswa pada BEM Rema terkait masalah biaya pendidikan. Gerakan ini juga mengajak seluruh mahasiswa untuk berdonasi melalui tautan kitabisa.com.

Acara diakhiri dengan talkshow dengan enam orang perwakilan dari Forum Komunikasi Unit Kegiatan Mahasiswa (FK  UKM) tentang pengenalan dan pentingnya UKM bagi mahasiswa. Sebelumnya, setiap UKM telah mengunggah video profil UKM-nya masing-masing untuk ditonton oleh mahasiswa baru. Talkshow tersebut diakhiri dengan mengajak mahasiswa baru untuk  menonton video-video UKM yang diminati melalui kanal Youtube-nya FK UKM. Dalam video tersebut terdapat deskripsi masing-masing UKM dan link pendaftaran jika ada yang berminat untuk mengikutinya. Setelah itu mahasiswa baru kembali diarahkan ke room kelompok masing-masing dan diserahkan kembali kepada pemandu mereka.

Baca juga: PEMBUKAAN MOKAKU UPI 2020 DILAKUKAN SECARA ONLINE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *