Kabar Literat

UPI Gelar Wisuda Gelombang III secara Luring, dan Daring

Oktober 15, 2020

Selasa (13/10), UPI menggelar Upacara Wisuda Gelombang III secara daring, dan luring. Di tengah-tengah pandemi yang belum berakhir, tidak menjadi penghambat untuk para wisudawan dan wisudawati merasakan euforia Upacara Wisuda. Meskipun, terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara ini berjalan dengan khidmat.

“Di era Covid-19 wisuda yang dilakukan saat ini merupakan satu contoh bagaimana kita menyikapi keadaan lebih sederhana, bahkan lebih efisien dalam waktu, dan pembiayaan.” kata Prof. Dr. Didi Suryadi, M. Ed.

Acara ini berlangsung kurang lebih 120 menit. Acara ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diiringi Orkestra Bumi Siliwangi, lalu diikuti oleh lagu Hymne UPI yang dinyanyikan oleh mahasiswa FPSD, dan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Muhammad Hamdhan Mubarok, S. Pd..

Setelah itu, Upacara Wisuda Gelombang III dibuka oleh Rektor Universitas Pendidikan Indonesia, Prof. Dr. M. Solehudin, M. Pd., MA..

Upacara Wisuda Gelombang III ini diadakan secara luring, dan daring. Sebanyak  4.273 lulusan mengikuti acara tersebut. Adapun wisudawan dan wisudawati yang mengikuti Upacara Wisuda secara luring hanya beberapa orang saja, sebagai perwakilan dari setiap Fakultas, Kampus Daerah (Kamda), maupun Jenjang (D3, S2, dan S3).

Terdapat 4 lulusan terbaik berdasarkan jenjang, dan 6 lulusan terbaik berdasarkan Fakultas. Mengingat kondisi yang kurang memungkinkan untuk menggelar acara Upacara Wisuda seperti biasanya. Maka, pihak UPI perlu mengikuti protokol yang berlaku untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak seperti biasanya, pada saat prosesi pemindahan tali toga, para wisudawan dan wisudawati memindahkan tali toga dari kiri ke kanan oleh masing-masing. Hal itu dirasa sebagai sesuatu yang baru, dan tidak biasa.

Adapun perwakilan mahasiswa terbaik yang turut andil dalam pelaksanaan Upacara Wisuda ini, yaitu Pembacaan Janji Alumni dipandu oleh Saudari Shintia Wulandari, S. Pd., dari Fakultas Pendidikan Teknik dan Komunikasi (FPTK), dan Sambutan Wakil Wisudawan disampaikan oleh Saudari Meiya Mustika Fazrin, S.S., Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS).

Pada tengah-tengah acara, berlangsung penyerahan penghargaan oleh Rektor UPI, Prof. Dr. M. Solehudin, M. Pd., MA., kepada wisudawan dan wisudawati terbaik yang didampingi oleh orang tua atau pendamping masing-masing. Kemudian dilanjutkan penyerahan Ijazah oleh Dekan Fakultas masing-masing, dan Direktur Kampus Daerah massing-masing kepada para wisudawan dan wisudawati.

Meski begitu, beberapa wisudawan juga merasa kecewa dengan dilaksanakannya wisuda secara daring. Salah satu contohnya adalah tweet dari akun @UPIfess, ”Aslina kecewa euy liat kemarenn hasil gladi kitu hungkul ningan, !upi astagfirullah kamu tuh berdosa bgt. Ada berapa hati orangtua yang hancur dikoyak ekspektasi sama wisuda online?”.

Prosesi Upacara Wisuda ini diakhiri oleh lantunan lagu Syukur yang dipersembahkan oleh Mahasiswa Pendidikan Musik FPSD. Kemudian, dilanjutkan membaca doa oleh Dr. Edi Suresman, M. Ag. Lalu, acara ini ditutup secara resmi oleh Rektor UPI, Prof. Dr. M. Solehudin, M. Pd., MA..

Baca juga: AKSI PENOLAKAN OMNIBUS LAW DI RANCAEKEK TIDAK SESUAI KESEPAKATAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *