Resensi

Resensi Buku Morfologi Bahasa Indonesia Abdul Chaer

Juni 19, 2020

Judul buku: Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses)
Oleh: Abdul Chaer
Jumlah halaman: 259 halaman
Penerbit: PT Rineka Cipta
Kota terbit: Jakarta

Morfologi adalah salah satu cabang linguistik yang mempelajari seluk beluk proses pembentukan tata dan perubahan makna kata. Morfologi tidak lepas dari yang namanya morfem dan kata. Morfem adalah satuan gramatikal terkecil yang memiliki makna. Sedangkan kata menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah elemen terkecil dalam sebuah bahasa yang diucapkan atau dituliskan dan merupakan realisasi kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa. Definisi tersebut dapat diartikan sebagai leksem, yaitu kata yang bisa menjadi entri sebuah kamus.

Untuk mempelajari pembentukan kata, harus ada pengkajian terlebih dahulu. Dalam buku Morfologi Bahasa Indonesia yang ditulis oleh Abdul Chaer membahas mengenai morfologi dengan lebih dalam. Termasuk adanya pembahasan mengenai morfem dan kata. Ada 12 bab dalam buku ini yang membahas mengenai pembentukan kata-kata bahasa Indonesia. Pada bab 1 membahas tentang hakikat morfologi, morfologi dalam linguistik, kaitan morfologi dengan ilmu kebahasaan lain, objek kajian morfologi, struktur, sistem, distribusi morfologi, dan teknik menganalisis morfologi. Sedangkan pada bab 2 dan seterusnya membahas tentang morfem, proses morfologi, morfofonemik, klasifikasi kata dalam kelas terbuka dan kelas tertutup, afiksasi, reduplikasi, komposisi, konversi, akronimisasi dan penyerapan. Semua itu termasuk pembahasan tentang proses pembentukan kata dalam morfologi.

Berhasil atau tidaknya bentuk dasar yang diberikan proses morfologi tergantung pada komponen makna yang dimiliki bentuk dasar tersebut. Dengan pendekatan proses morfologi menjadikan bentuk-bentuk gramatikal dan semantik menjadi lazim.

Buku ini memberikan kelebihan, yaitu isi materinya dibahas secara mendalam. Terlihat pada jumlah bab dan halaman pada buku ini. Buku ini juga sangat bermanfaat untuk mahasiswa atau mahasiswi perguruan tinggi yang ingin mempelajari pendekatan proses morfologi bahasa Indonesia. Selain itu, buku ini diharapkan dapat memberi kontribusi dalam kajian struktur internal bahasa Indonesia, memberi manfaat dalam rangka pembinaan bahasa Indonesia ke arah yang lebih baik dan sempurna.

Namun, buku ini jarang dijumpai pada gerai-gerai toko resmi di Indonesia. Buku ini didapatkan di toko buku-buku bekas ataupun di pameran buku. Cover nya juga masih sederhana. Walau begitu, materi dalam bukunya sangat berbobot.

Penulis: Zahra
Editor: Desrina

Baca juga: Resensi Buku “Bahasa Jurnalistik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *