Kabar Literat

INI DAFTAR BEASISWA YANG DIKELOLA DEPDIKSATRASIA

Oktober 26, 2020

Sabtu (24/10), Subbidang Fasilitas, Hima Satrasia FPBS UPI menyelenggarakan forum yang membahas beasiswa. Kegiatan tersebut dihadiri oleh mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebanyak kurang lebih 45 orang. Meskipun kegiatan ini diadakan secara daring, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.

Ketua Umum Hima Satrasia 2020, M. Abdillah Mahardika dalam sambutannya mengungkapkan “Biasanya, kegiatan informasi beasiswa ini hanya sebatas informassi dari Hima Satrasia kepada Madepdik. Namun, sekarang kegiatan ini dikemas dengan cara yang berbeda yaitu dalam sebuah forum khusus untuk membahas beasiswa. Sehingga, ini menjadi wadah untuk madepdik menerima informasi beasiswa secara lebih lengkap” Tuturnya.

Adapun pembicara dalam forum ini adalah Rosita Rahma, M. Pd.. Beliau adalah salah satu pembimbing kemahasiswaan Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Beliau merupakan salah satu dosen yang ditunjuk sebagai pengelola beasiswa untuk mahasiswa, khususnya prodi pendidikan. Beliau adalah dosen yang tergolong cukup muda, dan merupakan penerima beberapa beasiswa juga. “Semangat ya untuk pejuang beasiswa, saya juga merupakan salah satu pejuang beasiswa dulu….” ujarnya.

Dalam pembicaraan forum tersebut, beliau memaparkan dengan detail mengenai beasiswa itu sendiri dari penjelasan secara general hingga beasiswa yang benar-benar dikelola oleh Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Adapun, beasiswa yang dikelola oleh Depdiksatrasia adalah beasiswa yang berasal dari pemerintah. Beasiswa tersebut adalah beasiswa Peningkatan Pestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Biaya Mahasiswa (BBM). Kedua beasiswa tersebut bisa diikuti oleh mahasiswa yang duduk di semester II hingga semester VIII.

Sasaran beasiswa Peningkatan Pestasi Akademik (PPA) adalah mahasiswa yang berprestasi, baik pada bidang akademik/kurikuler, kokulikuler, atau ekstrakulikuler. Sedangkan, sasaran beasiswa Bantuan Biaya Mahasiswa (BBM) adalah mahasiswa yang memiliki prestasi minimal, dan orang tua/walinya tidak mampu membiayai pendidikannya.

Beasiswa ini tidak ada batasan pendaftarnya. Menurut Rosita Rahma, M. Pd., pembicara pada forum itu, menginformasikan kepada seluruh madepdiksatrasia agar segera melengkapi persyaratan beasiswa, lalu mengumpulkannya pada pengelola beasiswa di Depdiksatrasia ataupun bagian Tata Usaha. Selanjutnya, akan ada penyeleksian dari Departemen, mana saja mahasiswa yang layak untuk diajukan/mendapatkan beasiswa yang disediakan. Hal itu, biasanya dilihat dari kelayakan, dan pemenuhan persyaratan pendaftar.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi bisa diakses dalam laman beasiswa PPA itu sendiri, atau mencari informasi yang lebih lengkap kepada pihak-pihak yang mengelola. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi pendaftar beasiswa PPA dan BBM di UPI ialah membuat Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang disusun oleh kelompok.

Sekian informasi mengenai kegiatan yang diadakan oleh Subbidang Fasilitas Bidang Kajian dan Penalaran, Hima Satrasia FPBS UPI mengenai forum yang membahas beasiswa. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha, apalagi untuk menuntuk ilmu. Tetap semangat pejuang beasiswa!

Baca juga: UPI Gelar Wisuda Gelombang III secara Luring, dan Daring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *