Kabar Literat

Melihat Hari Pertama Merawat Beda Fest

September 24, 2020

Selasa (22/09), Komunitas Musisi Mengaji (Komuji) membuka pameran seni bertajuk Merawat Beda Fest. Komuji adalah komunitas yang mewadahi anak-anak band yang ingin mendalami ilmu agama tanpa harus menghilangkan hobi mereka bermain musik. Merawat Beda Fest adalah persembahan dari Komuji untuk merayakan perbedaan melalui karya seni.

Dengan mengangkat tema besar perbedaan dan perdamaian, Merawat Beda Fest menghadirkan tiga elemen seni yaitu seni sastra, musik, dan rupa sebagai representasi dari perbedaan, dan alat perdamaian. Pameran ini juga dimeriahkan oleh karya seni dari beberapa seniman yang khusus di bidangnya, mulai dari elemen rupa memamerkan seni instalasi dan drawing karya Ridwan S. Iwonk yang dipasang di hampir setiap sisi dinding Rumah Komuji. Lalu, elemen sastra memamerkan puisi-puisi karya tiga penyair tersohor, Marsten L. Tarigan, Fajar M. Fitrah, dan Willy Fahmi Agiska. Selain itu, acara ini dimeriahkan oleh kolaborasi Recvolution.

Rangkaian pembukaan Merawat Beda Fest dimulai sejak Selasa sore melalui kanal Youtube, dan Zoom. Selain media daring, kegiatan ini juga berlangsung di Rumah Komuji yang berada di Jl. Cilaki 33, Bandung.

Acara ini diawali dengan pembacaan puisi karya Dian Hardiana berjudul Dia Sedang Bersama Orang Lain oleh Fuad Jauharuddin. Kemudian, dilanjut penampilan musik Erwin Koboi dari The Panasdalam dan Kresna dari Bob Anwar.

Seperti acara pada umumnya, di awal acara terdapat sambutan dari salah satu pendiri Komuji, Algi Indria. “Tiga elemen seni disini mewakili kita semua, kami yakin bahwa setiap kita adalah individu yang unik. Karena dalam seni selalu merayakan keunikan dan perbedaan”, papar Algi. Selain itu, ada juga sambutan dari musisi dan mentor Recvolution Panji Sakti, Fajar M. Fitrah yang juga sebagai ketua penyelenggara, dan pembukaan secara simbolis oleh Kurator Galeri Seni Popo Iskandar, Anton Susanto.

Acara dimeriahkan dengan pembacaan puisi  karya Fajar M. Fitrah berjudul Rumah Komuji oleh ASAS UPI dan penampilan musik dari Backdrop. Kemudian, dilanjut ke puncak acara pembukaan ini yaitu Dialog Kolaborasi Karya Seni membahas karya-karya yang dipamerkan dengan pembicara Zulfa Nasrulloh, Syarif Maulana, dan Rosihah Fahmi.

Merawat Beda Fest berlangsung selama dua pekan, dari tanggal 22 September hingga 6 Oktober 2020 di Rumah Komuji, atau dan melalui kanal Youtube Komuji Indonesia.

Baca juga: Menuju Hari Tani Nasional: Ketika Melihat Kondisi Kaum Tani, Kelas Buruh, dan Mahasiswa, Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *