Kabar Literat

Menengok LDKM Daring Pertama

Februari 23, 2021

Sabtu (20/02), Hima Satrasia FPBS UPI melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) pertama secara daring. LDKM ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan insidental Mekanisme Penerimaan Anggota (MPA) Hima Satrasia FPBS UPI.

 LDKM akan berlangsung selama dua minggu, yaitu pada tanggal 20-21 dan 27-28 Februari 2021. Kegiatan yang dilaksanakan melalui platform Zoom tersebut dihadiri lebih dari 160 partisipan yang terdiri atas calon anggota Hima Satrasia, panitia, dan tamu undangan pada minggu pertamanya.

Acara dimulai Sabtu pagi pukul 07.00 WIB dengan agenda pembukaan. Pembukaan diawali laporan Ketua Pelaksana, Luthfy Nur Fauzan, dilanjut sambutan Ketua Umum Hima Satrasia, Mahardika Oz, dan Sambutan dari Ketua Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Dr. Hj. Isah Cahyani, M.Pd.

Dalam sambutannya, Mahardika menjelaskan bahwa LDKM adalah suatu kegiatan yang memberikan materi dasar-dasar keorganisasian. Perlu diingat bahwa Hima Satrasia adalah organisasi satu-satunya di tingkat departemen. Jadi, Hima Satrasia perlu memberikan hak dan kewajiban pada mahasiswa dengan memberikan pendidikan nonformal seputar keorganisasian.

“Kawan-kawan saya harap dapat mengikuti kegiatan dengan rileks tapi serius karena acara ini berdampak strategis bagi kawan-kawan yang berminat di organisasi.”, tambah Mahardika.

Usai sambutan, kegiatan ini dilanjut dengan pematerian dasar-dasar organisasi mahasiswa. Materi pertama tentang Kepemimpinan oleh Mustafa Reza. Lalu, pematerian kedua tentang Peran dan Fungsi Mahasiswa oleh Nur Hidayat Santoso.

Meskipun setelah pematerian kedua sempat terkendala teknis selama beberapa menit, akhirnya pematerian terakhir di hari pertama bisa dilanjutkan. Pematerian terakhir membahas Perspektif Mahasiswa terhadap Bahasa dan Sastra oleh Grandis Putri dan Adhimas Prasetyo. Setelah pematerian berakhir, Panitia meminta calon anggota untuk mengulas kembali materi yang telah mereka dapat menjelang acara hari pertama usai.

Esok harinya (21/02), peserta kembali melanjutkan kegiatan LDKM dengan tertib dan antusias. Acara LDKM hari kedua langsung dibuka dengan pematerian tentang Setting and Debating Forum oleh Khoiri Setiawan. Lalu, dilanjutkan tentang Teknik Persidangan oleh Lathifah Nur Aini sebagai pemateri LDKM terakhir.

Sebelum acara ditutup, panitia menampilkan video dokumentasi kegiatan Hima Satrasia sekaligus mengumumkan karya terbaik dari tugas yang telah calon anggota buat. Setelah itu, panitia menutup kegiatan di minggu  pertama dan mengingatkan peserta untuk mengikuti kembali LDKM di pekan berikutnya.

Ketua Pelaksana, Luthfy Nur Fauzan, berharap ilmu yang diberikan di kegiatan (LDKM) berguna untuk calon anggota dan dapat lebih baik daripada angkatan sebelumnya.

Baca juga: Tanggapan dan Harapan terpilihnya Madame Dini sebagai Dekan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *