Kabar Literat

Mengintip Debat Ajuan Bakal Calon Ketua Umum Hima Satrasia 2021

Mei 10, 2021

Sabtu (08/05), Hima Satrasia FPBS UPI melaksanakan Debat secara daring sebagai  kegiatan penunjang sebelum Musyawarah Mahasiswa berlangsung.

Kegiatan Debat diikuti dua ajuan bakal calon (ABC) Ketua Umum Hima Satrasia FPBS UPI, yakni Hasbi Ramadhan dan Dea Rahmat Sopyan. Jalannya Debat  yang digelar melalui Zoom Virtual Meeting ini juga dipandu oleh Toni Tazkia sebagai moderator. Terdapat lima isu yang disorot oleh panitia untuk dijadikan mosi, yaitu kepemimpinan, kehimasatrasiaan, kesastraan, kebahasaan, dan sosial politik.

Sebelum Debat dimulai terdapat sambutan dari Ketua Umum Hima Satrasia, Mahardika Oz, dan Kepala Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Dr. Hj. Isah Cahyani, M.Pd..

Mahardika mengatakan mosi yang dihadirkan berkaitan dengan organisasi dan lingkungan bergiat Hima Satrasia. Dia mengatakan agenda Debat merupakan ruang interaksi agar dapat mengenal dengan ABC . “…Melalui Kegiatan ini (Debat), kita bisa mengetahui kemana arah dari kawan-kawan ABC yang akan memimpin Hima Satrasia selanjutnya.” ujarnya.

Sedangkan, Bu Isah berharap ketua Hima Satrasia selanjutnya selalu aktif dan bersinergi, khususnya dengan Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Beliau juga berpesan untuk berdebat dengan sehat dengan tujuan menyamakan persepsi.

Kegiatan debat ini berlangsung selama dua sesi. Sesi pertama, kedua ABC saling menanggapi mosi yang dihadirkan oleh panelis. Selanjutnya, sesi kedua, peserta Debat diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan yang akan di jawab oleh kedua ABC sesuai dengan visi mereka.

Debat yang berjalan selama hampir empat jam ini berlangsung aktif, namun menurut para panelis, argumen dari kedua ajuan bakal calon masih belum menyentuh inti permasalahan yang terjadi. Para panelis juga berpendapat bahwa perlu ada langkah konkrit dari ajuan bakal calon untuk menjawab isu-isu yang dihadirkan oleh panelis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *