Kabar Literat

Pelatihan Artikel Ilmiah: Cara Menulis Artikel Ilmiah

Oktober 19, 2021

Minggu, 18 Oktober 2021, Subbidang Akademik Hima Satrasia FPBS UPI melaksanakan kegiatan Pelatihan Artikel Ilmiah secara daring di ruang Zoom Meeting. Pada kegiatan ini, Aini Fuji Insani menjadi pewara yang mengatur jalannya acara. Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Mahira Mujahida, acara kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan lagu “Indonesia Raya” dan “Mars Hima Satrasia”. Setelah itu, Kasubbid Akademik Hima Satrasia Mutiara Dinda menyampaikan laporannya. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Umum Hima Satrasia Dea Rahmat, “Terima kasih kawan-kawan telah menyempatkan hadir di acara kami. Meluangkan waktu liburnya untuk sama-sama menambah ilmu dan belajar bersama.”

Agenda siang itu berisikan pematerian dan diskusi serta pelatihan menulis artikel ilmiah. Pematerian yang disampaikan oleh Ibu Dr. Yulianeta, M.Pd. berjalan serius tetapi santai. Pematerian yang dipimpin oleh Moderator Fitri Deliana ini membuat beberapa peserta antusias mengikutinya. Hal tersebut terbukti dengan hadirnya beberapa pertanyaan dalam sesi diskusi sehabis pematerian. “Menulis artikel ilmiah modalnya hanya satu, mau. Tulisan yang baik adalah tulisan yang selesai. Dan dalam melakukan penulisannya, kita hanya memerlukan kata sambung.” ujar Ibu Yulianeta dalam pemateriannya.

Setelah melaksanakan pematerian dan diskusi, moderator memberikan tugas kepada peserta untuk melakukan simulasi penulisan artikel ilmiah. Dalam simulasinya, peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan melakukan simulasi penulisan sesuai topik yang ditentukan panitia. Dua kelompok membahas tentang kesalahan berbahasa dan dua kelompok lainnya membahas tentang sastra cyber. Acara simulasi ini bertempatkan di ruang breakout room masing-masing kelompok.

Sehabis melaksanakan simulasi, peserta kembali ke ruang utama Zoom Meeting untuk melakukan sharing session dan penutupan acara. Dengan ditandai peralihan pemimpin acara dari moderator kepada pewara dan pembacaan doa oleh Mahira Mujahida, acara Pelatihan Artikel Ilmiah sore itu resmi ditutup.

Baca juga : Workshop Keterampilan Desain Grafis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *