Kabar Literat

PMB 2021 : Menyelami Lautan Organisasi Bersama Hima Satrasia FPBS UPI

September 5, 2021

Jalan-jalan ke pasar baru

Pulangnya beli sarung

Halo, mahasiswa baru!

Semoga kita bisa bertemu secara langsung

(Pantun sambutan oleh Ketua Bidang Pengembangan Organisasi, Noerumayah)

Sabtu (04/09/2021), Hima Satrasia FPBS UPI kembali mengadakan kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2021. Pada PMB tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana kegiatan ini bukan lagi merupakan kegiatan insidental Hima Satrasia yang artinya merespons sebuah insiden Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang ditandai dengan adanya registrasi mahasiswa baru. Biasanya, di momen itulah, Hima Satrasia hadir untuk memperkenalkan diri kepada mahasiswa baru. Namun, tahun ini, PMB Hima Satrasia baru diadakan setelah PMB UPI atau registrasi mahasiswa baru dilaksanakan. Oleh karena itu, kegiatan ini bukan lagi kegiatan insidental yang merespons adanya PMB UPI.

Kegiatan PMB ini dihadiri oleh 213 partisipan yang terdiri dari pengurus, mahasiswa baru, dan undangan. Seperti tahun sebelumnya, kegiatan dilaksanakan secara daring akibat pandemi Covid-19 yang belum berakhir melalui Zoom Meeting. Sembari menunggu kegiatan dimulai, para peserta saling bercerita mengenai pengalaman mereka masuk Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Acara dibuka oleh pewara, yaitu Tsalisa Shafa Kamila dan Metta Salma Nabila Dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh Ketua Subbidang Pengaderan, Diah Fitriani dan sambutan oleh Ketua Umum Hima Satrasia 2021, Dea Rahmat Sofyan. Dalam sambutannya Dea menyampaikan harapan dari kegiatan PMB 2021 ini.

“Semoga kegiatan ini berjalan lancar, dan semoga apa yang dituju dalam kegiatan ini bisa tercapai.” tutur Ketua Umum Hima Satrasia 2021.

Sebelum ke acara inti, yaitu pematerian pengenalan himpunan, pewara mengajak mahasiswa baru untuk menceritakan kesan dan pesan mereka ketika pertama kali diterima di Depdiksatrasia. Menurut Aliya, ia senang sekali katika tahu bahwa dirinya diterima, karena ia sama sekali tidak menyangka akan diterima di Depdiksatrasia. Ia juga menyebutkan bahwa teman-teman barunya juga kakak-kakak tingkat sangat ramah.

Selain Aliya, Helni Sadiyah juga menceritakan kesan dan pesannya.  “Seneng banget dong, kak. Engga nyangka. Soalnya pilihan aku ada 2, sama IPAI. Terus alhamdulillah, diterima di pilihan 1.” ujar Helni Sadiyah. Setelah bercerita mengenai kesan pesan ketika pertama kali diterima di Depdiksatrasia, kegiatan dilanjutkan dengan menonton video penyambutan oleh para pimpinan Hima Satrasia. Dalam video tersebut, para pimpinan memberikan ucapan selamat kepada mahasiswa baru yang telah resmi menjadi mahasiswa Depdiksatrasia. Tak lupa, beberapa pesan terkait perkuliahan dan organisasi pun disampaikan.

Lanjut ke acara inti, yaitu pematerian. Acara ini dipandu oleh sang moderator, Nadia Mariam Marpaung yang merupakan salah satu anggota Subbidang Pengembangan Akademik angkatan 2020. Pengisi pematerian hari ini adalah Dea Rahmat Sofyan, dan Hasbi Ramadhan selaku ketua dan sekretaris umum. Materi yang akan disampaikan berjudul Mari Menyelami Lautan Organisasi. Pematerian ini membahas mengenai sejarah, visi dan misi Hima Satrasia, dan pengenalan struktur kepengurusan.

Setelah pematerian dan diskusi selesai, kegiatan dilanjut dengan ice breaking yang dipandu oleh pewara. Sebelum ditutup, CEO BSO Literat, Abdul Azis Zulfikar Karim, mengenalkan sedikit mengenai BSO Literat. Ia menjelaskan gambaran besar mengenai rubrik-rubrik yang ada di web literat.my.id. Selain itu, ia juga menjelaskan deskripsi kerja masing-masing tim kerja di BSO Literat.

Sampailah dipenghujung acara, kegiatan ditutup dengan doa oleh Rini Amalia dan foto Bersama penuh senyum dari kawan-kawan mahasiswa baru dan kawan-kawan panitia PMB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *